Jumat, 22 April 2011

Kesultanan ternate


PDF
Print
E-mail

Friday, 18 March 2011 05:36


Jakarta, press3G- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-70 Sultan Ternate, H. Mudaffar Sjah akan menggelar pesta rakyat atau Legu Gam.
Selain untuk melestarikan budaya dan mengembangkan pariwisata, Legu Gam juga di harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Ternate. Demikian di sampaikan permaisuri Kerajaan Ternate, Boki Ratu Nita Budhi Susanti pada acara konferensi pres yang di gelar di Mesjid Baiturahman, DPR RI, Kamis (17/3).

Menurut Boki Ratu, pesta rakyat ini merupakan wujud kepedulian putra-putri daerah sebagai motor penggerak dalam menggali serta mengembangkan perekonomian dan warisan sosial budaya lokal.

“ Dalam pesta rakyat itu tidak hanya menampilkan kesan pesta saja, tetapi lebih pada mengangkat harkat budaya Moloku Kie Raha yang terdiri dari 29 suku dengan 30 bahasa. Ini merupakan kekayaan budaya yang luar biasa untuk di lestarikan agar dapat terpelihara dengan baik” jelas sang permaisuri

Untuk itu tema yang akan di usung pada event Lagu Gam tahun 2011 ini adalah ‘Memberdayaakan Sistim ekonomi Bala Kusu se Kano-Kano’ yang mengandung arti pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“ Saya berharap momen ini dapat membangun kesadaran kita bersama untuk dapat membantu dan mendukung penyenggaraan festival ini karena akan berdampak besar bagi perekonomian rakyat dan pelestarian budaya Moloku Kie Raha” ujar Boki Ratu yang juga anggota DPR RI Komisi XI.

Festival legu Gam rencananya akan di gelar selama 2 pekan, berlangsung dari tanggal 1 sampai 17 April 2011 dengan melibatkan ribuan masyarakat Ternate. Pada festival tersebut akan di gelar juga pameran kerajinan tangan, seminar, pentas budaya dan pada puncaknya akan ada pemecahan rekor Muri yaitu menari massal yang akan melibatkan kurang lebih 10 ribu orang

Sementara itu tamu yang akan di undang pada acara puncak nanti antara lain, Anggota DPR RI Komisi X, Raja-Raja se-Nusantara, Duta besar Negara-negara sahabat dan para pejabat Negara lainnya. Dengan hiburan artis-artis ibu kota, antara lain Band Zevillia, Vony Sumlang dan Luna Maya.
(sy)

Last Updated on Thursday, 07 April 2011 04:51
 
http://www.press3g.com/images/stories/mw_joomla_logo%20copy.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar